03
Apr
10

masih tetap ada duka untuk garuda.ku

save PSSI

Long weekend yang benar-benar panjang sehingga penyakit malas untuk posting dan jalan-jalan kerumah teman-teman menjadi hal yang benar-benar berat. Bukan sekedar alibi, tapi memang begitu apa adanya. Mungkin keasyikan liburan, maen sana-sini, yah gak ada salahnya kan menyenangkan diri sendiri dari segala rutinitas yang ada.

Di postingan sebelumnya, ya yang lagi dan lagi berisi tentang sepak bola, kali ini pun meneruskan dari postingan tersebut. Merasa mempunyai kewajiban untuk menyampaikan apa yang telah di ungkapkan dipostingan sebelumnya tentang KSN yang digelar di Malang, dan inilah hasil dari KSN tersebut yang diwakili oleh 7 butir rekomendasi yang akan dijalankan oleh seluruh lapisan di bangsa ini agar Garuda mampu bangkit kembali.

1. PSSI perlu segera melakukan reformasi dan restrukturisasi atas dasar usul, saran dan kritik serta harapan masyarakat, dan mengambil langkah-langkah kongkret sesuai aturan yang berlaku untuk mencapai prestasi yang diharapkan masyarakat.

2. Perlu adanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur olahraga khususnya sepakbola.

3. PSSI perlu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh stake holder terutama KONI dan pemerintah.

4. Dilakukan pembinaan sejak usia dini melalui penangan secara khusus melalui pendekatan IPTEK, dengan melibatkan tim yang terdiri dari dokter, psikolog, pemandu bakat, dan pakar olahraga, dan perlu segera disusun kurikulum standar nasional untuk penyelenggaraan Sekolah Sepakbola, PPLP dan PPLM sepakbola

5. Metode pembinaan atlet pelajar/muda agar juga memperhatikan pendidikan formalnya.

6. Pemerintah menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih diperlukan untuk stimulan).

7. Perlu segera disusun dan dilaksanakan program pembinaan prestasi yang fokus kepada pembentukan tim nasional untuk menjadi juara dalam SEA Games 2011.

Seperti suasana sidang terbuka yang beberapa waktu lalu sering kita lihat di TV, sidang KSN yang di pimpin oleh Bapak Agum Gumelar ini yang digelar secara tertutup pun sarat dengan hujan interupsi dan tarik ulur kepentingan. Ada yang menentang dan tak sedikit yang mendukung. Wajar karena inilah panggung politik, panggung sepakbola yang sudah terinfeksi virus politik.

Banyak suara-suara yang menyayangkan akhir perjalanan KSN yang dulu saat awal penggagasan sangat diharapkan mampu memecahkan masalah dunia persepakbolaan negeri ini. Tapi hasilnya adalah kekecewaan untuk sebagian besar pihak, dan kemenangan untuk segelintir orang.

Bapak Agum Gumelar pun menyatakan rasa kesedihannya terkait hasil dari KSN ini, seperti yang ia sampaikan kepada detiksport. “Terus terang saya merasa sedih,” ujar Agum menjawab pertanyaan detiksport tentang perasaannya menghadapi situasi di atas.

“Saya sedih karena dianggap tidak mengakomodir perwakilan PSSI saat merumuskan rekomendasi tadi. Apalagi mereka mengaku sampai menangis-nangis segala ke Pak Nurdin. Apa iya begitu? Tapi sudahlah, itu sudah terjadi. Sekarang saya sudah tidak sedih lagi,” lanjutnya.

Kemudian, saat ditanya soal konsekuensi rekomendasi KSN ini, Agum mengatakan bahwa semua pihak harus menjalannya, mulai dari PSSI, pemerintah, KONI, DPR, dan lain-lain. Hanya saja, secara hukum tidak ada sanksi buat PSSI jika tidak melaksanakan apa yang telah diamanatkan kongres ini.

“Tidak ada sanksi apa-apa bila PSSI tidak melanjutkan rekomendasi yang dipaparkan ini. NamunΒ  secara moral, mungkin saja iya karena rekomendasi ini arahnya untuk perbaikan dan demi prestasi sepakbola Indonesia,” tukas Agum.

Dan satu hal lagi, sebenarnya KSN ini menghasilkan 8 rekomendasi, namun rekomendasi ke-8 dihapuskan karena perjuangan Bapak Agum Gumelar kalah telak menghadapi kubu Nurdin Halid cs. Adapun butir kedelapan yang tidak jadi ditetapkan sebagai bagian rekomendasi berbunyi:

“Pemerintah dan masyarakat perlu mengawal hasil rekomendasi yang konkret, dalam hal ini diminta kepada Presiden RI untuk membentuk Dewan Sepakbola Nasional yang bersifat Independen.”

Semoga masih ada yang perduli dengan Garuda.ku ini  😦

Advertisements

42 Responses to “masih tetap ada duka untuk garuda.ku”


  1. April 3, 2010 at 7:06 am

    garuda adalah lambang kepribadian bangsaku.aku cinta garudaku dan siapa yang menghina atau menyalagunakan garudaku, aku rela berperang pertaruhkan nyawa demi garudakau seperti halnya merah putihku.yang tetap regar dan berjiwa ksatria walaupun diterpa hujan,debu dan hujan,merah putihku tetap berkibar diujung tiang.

    salam nasionalisme

  2. April 3, 2010 at 8:44 am

    setiap pihak sebaiknya bertanya pada diri sendiri, adakah keinginan untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia. saya melihat sepertinya masih banyak kepentingan pribadi/kelompok di atas kepentingan umum. hmmm… menyedihkan

  3. April 3, 2010 at 2:26 pm

    Ayo bangkit garudaku…!!!

  4. April 4, 2010 at 1:50 am

    Kapan PSSI kan jaya ya
    Semoga pengurusnya berkinerja jauh lebih baik lagi

  5. April 4, 2010 at 8:16 am

    Poin nomer enam.. Asal jangan dikorupsi lagi ajah..

  6. April 4, 2010 at 9:12 am

    perhatikan juga kesejahteraan pemain, tingkatkan profesionalitas seluruh insan yang berkecimpung di bidang sepakbola πŸ™‚

    mari dukung sepakbola Indonesia!

  7. April 4, 2010 at 12:39 pm

    si “napi” udah lengser kan ??
    semoga penggantinya jauh lebih baik dari si “napi”

  8. April 4, 2010 at 5:33 pm

    Agum sedih karena gak bisa jadi Ketum PSSI mas…

  9. April 5, 2010 at 3:38 am

    kapan yah sepak bola indonesia bisa maju.. pengurusnya aja gak beres.. huhh.. payah.. :mrgreen:

    oia sahabat, ada PR berantai dariku nih.. dikerjakan ya klo berkenan.. pertannyaanya dicopy disini

    semangat gan.. heheh.. πŸ˜€

  10. April 5, 2010 at 3:49 am

    ahirnya keluar juga tuh hasilnya

    tetep kita hargain aja meskipun masih ada hujan interupsi
    majulang garudaku

  11. April 5, 2010 at 7:45 am

    saya sangat aspiratif dengan PSSI-Garuda dalam membela dan mengahrumkan nama Indonesia di kancah internasional tapi yang membuat prihatin itu adalah ulah suporter sepak bola tanah air. Jadi ciut nyali bila melihat massa yang terutama para ABG sebagai generasi muda yang mendukung kesebelasannya dengan membabi buta dan salah arah πŸ˜• , tapi itulah Indonesia. πŸ˜†

    • April 5, 2010 at 7:58 am

      sebenarnya untuk ISL sudah ada perkembangan yang signifikan mas klo soal suporter, kerusuhan sudah tak sebesar musim lalu, cukup bisa dibilang memuaskan mskpun blm yang terbaik. namun untuk divisi utama yang kasta nya satu tingkat di bawah ISL, bentrokan antar suporter masih termasuk hal yang lumrah. semoga esok bisa lebih baik lagi

  12. April 5, 2010 at 8:25 am

    Dalam hati sih pengennya gitu, tapi dah tetep gak diganti
    Jadi kita berharap ada perbaikan prestasi aja πŸ™‚

  13. April 5, 2010 at 10:53 am

    yang penting terus tendang, main sepakbola. biar hujan panas dan kalah.

  14. April 5, 2010 at 12:53 pm

    Garuda didadaku.. Garuda dihatiku…
    tidak ada yang salah dengan Garuda.. kakinya masih terikat dengan ulah2 oknum yang masih berpikiran picik… 😦

    semoga rekomendasi tsb bisa berjalan…… Bilakah garudaku terbang kembali 😦

  15. April 5, 2010 at 1:10 pm

    PSSI harus direformasi mas, masa kalo dulu kita terkenal dengan sebutan macan asia. tapi sekarang jadi macan ompong. jadi inget sama kata-kata Pa Habibie, “Kita harus YAKIN, tapi tanpa di cek ulang YAKIN itu akan berubah”…..

  16. April 5, 2010 at 8:45 pm

    Aku juga mampir sob…

  17. April 6, 2010 at 12:05 am

    lha katanya suporter bikin KSSN ya boas? tandingan

  18. 35 Bee'J
    April 6, 2010 at 3:47 am

    aku juga masih berduka. Ada apa dengan Garudaku? 😦

  19. April 6, 2010 at 7:08 am

    Nurdin ini seperti God Father. Kuat banget dukungan terhadapnya. Bahkan KSN yang jelas-jelas didukung pemerintah pun ndak bisa menggoyahkannya. Saya sudah kehabisan akal lagi. Semoga sepakbola Indonesia selamat sampai lama..

  20. April 6, 2010 at 11:25 am

    Kunjungan malam. Terima kasih telah berkunjung di blog saya. πŸ˜€

  21. April 7, 2010 at 5:24 am

    siapakah yang mesti menyemangati agar garuda kembali terbang? Kita pastinya πŸ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

tweet :)

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 17,308 hits

%d bloggers like this: